Let 2017 Be ……..

“Let 2017 be the year you do things for yourself. Let it be the year you walk strongly and loudly towards your goals, and towards a better life. Let it be the year you stop your doubt from even entering your mind as you rise to new occasions and new challenges. And let it be the year you climb that mountain, without fear that you will fall”

Pagiku kala itu dimulai dengan sebuah pesan yang berbunyi demikian. Ul, yang sejak hari pertama tahun 2017 selalu mengirim quotes penyemangat, mengirimkan pesan itu di hari kelima tahun yang baru ini. Tahun dimana kami berjanji untuk menjadi jauh lebih baik dari kami yang sebelumnya. Tahun dimana kami berusaha tanpa takut melakukan kesalahan. Tahun dimana kami berhenti mendengar keraguan yang mungkin menghambat kami selama ini. Masih dengan orang-orang yang sama, begitulah tahun 2017 ini dimulai. Yah ga mudah memang menemukan tokoh lain dengan karakter yang sesuai dengan plot cerita yang telah terbangun selama lima tahun.

Jika sedikit melihat ke belakang, dimana bab tentang 2016 mencapai tanda titik terakhirnya, aku sendiri tak ingin mengulangnya. 2016 membawa begitu banyak cerita tentang ketakutan, pertanyaan “mengapa?”, penyangkalan terhadap realitas, keraguan, marah, kegagalan, dan hal-hal yang terselip kata “seharusnya” sebelum itu terjadi. 2016 penuh pembelajaran dimana aku selalu berkata “ini bukan yang aku ingin” ketimbang “ini yang harus aku jalani”, tahun dimana “salah” adalah hal yang lebih tabu dibandingkan “mencoba”. Tahun dimana “gagal” menjadi pasti hanya karena rasa “takut”. Tahun yang penuh dengan kesalahan, yang kemudian semuanya terlambat disadari, apalagi diperbaiki.

Tahun 2016 memang tak sesulit itu ketika aku mengingat lagi apa yang memberi warna di tahun itu. Project pertama di awal triwulan ketiga, trip Eropa yang tak pernah sekalipun aku bayangkan, dan mereka yang selalu ada. Ini tahun kelima kami dan rasanya masih seperti kemarin. Masih dengan tawa yang sama setiap bertemu, masih dengan jokes yang hanya kami yang mengerti, masih dengan harapan-harapan yang selalu disampaikan dan dipupuk setiap waktu. Harapan yang pada akhirnya menjadi satu-satunya penyemangat yang dibawa hingga tahun yang baru.

Battlefield setiap orang pasti akan berbeda, begitupula dengan kami. Tak masalah ketika jalan kami saat ini berbeda, tak masalah ketika apa yang kami jalani tak sama. Dan memang tak akan pernah sama pada akhirnya. Yang selalu sama setiap waktu adalah kenyataan bahwa kami mungkin tidak sanggup menjalaninya tanpa dukungan satu sama lain. Entah penggunaan “kami” pada kalimat itu tepat atau tidak haha. Seperti yang selalu aku sampaikan ke mereka, suatu ketika nyala lilinku redup atau bahkan mati tertiup angin kencang, nyalakanlah kembali dengan korek yang aku titip pada masing-masing. Terdengar filosofis memang, tapi benar saja aku ga akan sekuat ini tanpa mereka.

Di siang pertama tahun 2017 kami saling bertanya dan menyampaikan apa yang akan kami lakukan di tahun ini, seperti yang biasa kami lakukan setiap kali kumpul hanya tanpa putaran pulpen kali ini haha. Kami pun saling membayangkan bagaimana jika suatu saat nanti ada kesempatan kita untuk bisa kerja bareng atau paling ga usaha bareng. Imajinasi kami mulai bermain dan kami mulai membayangkan bagaimana rencana-rencana kami bisa terealisasi di satu tempat. Selalu menyenangkan membayangkan kita bisa kerja bareng seperti waktu kami di organisasi kampus dulu.

Tahun 2017 pada akhirnya kami sepakati menjadi tahun pembuktian bagi kami masing-masing. Pembuktianku bahwa ketakutanku setahun lalu tidak lagi menjadi alasan untuk tidak berjuang sampai titik yang sampai saat ini belum aku temukan. Pembuktian dari kami masing-masing bahwa kami bisa jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, bukan lebih baik dari orang lain. Kita hidup bukan untuk menempatkan label pada diri kita atas mimpi orang lain, bukan. Kita hidup dan berjuang untuk mewujudkan mimpi yang kita bangun masing-masing. Kita menempuh perjalanan panjang bukan untuk sampai pada tujuan orang lain, tapi tujuan kita sendiri, seberapapun jauhnya.

And let 2017 be the year you truly live, for yourself. Not anyone else. Just you.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s